.

BUS TERPANJANG DI DUNIA

Pernahkah anda mendengar ada bus terpanjang di dunia???? Ternyata ada bus terpanjang di dunia yang peluncurannya pada 31 Agustus 2012 di Jerman. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas.
Pada tahun 2012 pabrik bus jerman membuat inovasi dengan membuat bus terpanjang di dunia. Armada terpanjang di dunia
ini dinamakan The AutoTram Extra Grand dan sudah diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2012. Bus yang dikembangkan konsorsium sebuah perusahaan yang meneliti proyek bus itu INP Fraunhofer Jerman, akan melakukan uji coba di jalan-jalan kota Dresden hingga akhir tahun ini.

Bus ini mempunyai spesifikasi yaitu bus berbentuk bus gandeng dengan menggunakan 3 buah badan dengan panjang 98 meter dan berkapasitas 256 tempat duduk. Bus ini menggunakan mesin hibrida yang digerakan dengan bahan bakar dan tenaga listrik. Meski sangat panjang cara beroperasi Auto Tram sama seperti bus pada umumnya. Autotram berjalan menggunakan mesin hybrid, yang akan otomatis mengambil alih ketika baterai listrik kehabisan tenaga, dan kemudian mengisi kembali baterai tersebut sementara kendaraan berjalan.Untungnya untuk mengemudikan Autotram, tidak dbutuhkan lisensi khusus untuk sopirnya. Ini berkat sistem kemudi komputer unik, yang menjaga bagian bus lainnya sejalan dengan bagian depan.Autotram lebih murah untuk dioperasikan daripada sistem kereta api komuter, mendorong kota-kota lain kepincut untuk memiliki bus berukuran super ini. Bus ini memiliki lima as dan empat di antaranya dapat bermanuver seperti bus yang memiliki panjang 12 meter. Bus ini tidak mempunyai masalah dengan manuver dan stabilitas, tapi perlu dilihat bagaimana bus panjang di dunia ini mempengaruhi lalu lintas kota yang normal.

foto-foto:

  foto by:
http://oto.assets.kompas.com/uploads/photo/2012/08
/30/c3b85505683326eaf1b02156cae45b89_p.jpg

http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/08/31/169281_truk-the-autotram-extra-grand_663_382.jpg
BUS TERPANJANG DI DUNIA BUS TERPANJANG DI DUNIA Reviewed by seputar bus indonesia on 20.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.